Cara Flash Xiaomi Redmi 6a via SP FlashTool

Cara Flash Xiaomi Redmi 6a via SP FlashTool

Cara Flash Xiaomi Redmi 6a via SP Flash Tool – Seperti yang kita ketahui bersama, terjadinya permasalahan terkait dengan sebuah perangkat smartphone memang sudah menjadi hal yang umum terjadi, dari mulai permasalahan yang ringan hingga berat. Sehingga, dapat mengetahui cara memperbaiki sebuah permasalahan yang terjadi pada perangkat smartphone secara mandiri tentu menjadi sebuah hal yang penting.

Timbulnya permasalahan ringan mungkin tindakan perbaikan yang diperlukan cukup simple, karena pada umumnya hanya terjadi pada kesalahan konfigurasi saja. Namun jika permasalahan yang timbul merupakan sebuah permasalahan yang berat, tindakan perbaikan yang dibutuhkan akan menjadi cukup rumit, sehingga membutuhkan tindakan serta pemikiran solusi yang lebih.

Beberapa permasalahan berat yang sering terjadi pada smartphone salah satunya adalah Xiaomi Redmi 6 adalah botloop, lupa sandi atau pola hingga mati total. Jika beberapa permasalahan tersebut terjadi, tindakan perbaikan yang paling efektif untuk dilakukan adalah dengan melakukan flash pada perangkat smartphone yang mengalami permasalahan

SP FlashTool ( (SmartPhone Flash Tool) menjadi salah satu alat atau aplikasi bantuan yang kerap kali digunakan untuk membantu melakukan tindakan flashing atau memperbarui firmware pada perangkat MediaTek (MTK). Cukup mudah dalam pengoperasian dan juga terdapat banyaknya pilihan menu tindakan menjadi salah satu alasan kenapa SP Flash Tool sering dijadikan sebagai alat atau aplikasi pilihan dalam membantu melakukan flashing smartphone.

Sekilas Tentang SP FLash Tool

SP Flash Tool ( (SmartPhone Flash Tool) merupakan sebuah alat atau program aplikasi yang banyak digunakan oleh para pengguna atau teknisi dalam melakukan tindakan flash atau melakukan pembaruan firmware pada sebuah perangkat smartphone yang bermasalah. .

Dengan menggunakan SP Flash Tool, seorang pengguna dimungkinkan untuk dapat melakukan berbagai tindakan seperti memperbarui firmware, menginstal pemulihan kustom, menghapus atau memformat partisi, dan bahkan melakukan root pada perangkat MediaTek.

Namun, penting untuk diingat bahwa penggunaan SP Flash Tool memerlukan pengetahuan yang cukup tentang flashing dan risiko yang terkait. Jika tidak digunakan dengan benar, dapat menyebabkan kerusakan permanen pada perangkat yang dimiliki. Oleh karena itu, sebaiknya ketika ingin melakukan tindakan flashing dengan menggunakan SP FlashTool, pastikan kamu telah memiliki pemahaman yang memadai dan mengikuti petunjuk yang akurat.

Cara Flash Xiaomi Redmi 6a via SP Flash Tool

Cara Flash Xiaomi Redmi 6a via SP FlashTool

Bagi kamu para pengguna perangkat smartphone Xiaomi Redmi 6a yang mengalami berbagai permasalahan berat di atas, dan menjadikan tindakan flash sebagai sebuah solusi, berikut ini Unspek.com akan memberikan sebuah cara untuk melakukan flash pada perangkat Xiaomi Redmi 6a dengan menggunakan SP Flash Tool:

1. Alat dan Bahan

Cara untuk  flash Xiaomi Redmi 6a dengan menggunakan SP Flash Tool, berikut ini ada beberapa alat dan bahan yang perlu untuk kamu siapkan:

  • Perangkat Xiaomi Redmi 6a yang masih memiliki daya baterai minimal 50%
  • Sebuah perangkat komputer yang dapat terhubung dengan jaringan internet.
  • Satu buah kael USB. Usahakan untuk menggunakan kabel USB  Xiaomi original agar mempercepat proses flas yang akan dilakukan.
  • Mencari dan mengunduh firmware Xiaomi Redmi 6A yang sesuai dengan perangkat yang dimiliki.
  • Mengunduh dan menginstal driver USB Xiaomi pada perangkat komputer yang akan digunakan.
  •  Unduh dan instal SP Flash Tool  pada perangkat komputer.

2. Langkah-Langkah Flashing

Setelah beberapa alat dan bahan di atas telah berhasil kamu siapkan, kamu dapat memulai tindakan flash perangkat Xiaomi Redmi 6a milikmu dengan menggunakan langkah-langkah berikut ini:

  1. Lakukan pengekstrakan terlebih dahulu file firmware Xiaomi Redmi 6a yang sebelumnya telah berhasil di unduh pada perangkat komputer yang digunakan. Untuk melakukan pengekstrakan file, kamu dapat menggunakan software aplikasi bantuan seperti WinRAR atau 7-Zip.
  2. Setelah pengekstrakan file firmware telah berhasil dilakukan, langkah selanjutnya adalah melakukan penginstalan SP Flash Tool pada perangkat komputer.
  3. Jalankan SP Flash Tool dengan menggunakan perintah “Run as Administrator”, dengan cara klik kanan pada ikon aplikasi.
  4. Pada tampilan menu utama aplikasi SP Flash Tool, cari dan klik menu pilihan “Scatter-loading” , yang biasanya akan terletak pada sudut kiri jendela aplikasi.
  5. Cari dan arahkan “Scatter-loading” pada folder firmware Xiaomi Redmi 6a yang sebelumnya telah kamu lakukan pengekstrakan.
  6. Klik menu pilihan “Download”
  7. Hubungkan perangkat Xiaomi Redmi 6a dengan komputer menggunakan kabel USB yang telah kamu siapkan sebelumnya. Namun sebelum melakukan langkah ini, pastikan terlebih dahulu perangkat Xiaomi Redmi 6a telah benar-benar dalam posisi mati.
  8. Pastikan perangkat komputer dan perangkat smartphone Xiaomi Redmi 6A benar-benar telah terkoneksi.
  9. Jika kedua perangkat tersebut benar-benar sudah terhubung, tindakan flashing akan otomatis dimulai.
  10. Setelah muncul pesan ” Download OK” pada jendela tampilan SP Flash Tool, itu berarti proses flashing telah selesai, sehingga segera lepaskan perangkat smartphone dari kabel USB.
  11. Hidupkan  kembali perangkat Xiaomi Redmi 6a. Jika tindakan flashing dengan menggunakan SP Flash Tool yang kamu lakukan tidak mengalami permasalahan teknis, seharusnya perangkat sudah dapat digunakan kembali dengan normal.

Kelebihan dan Kekurang Menggunakan SP Flash Tool

A. Kelebihan menggunakan SP Flash Tool

  1. Kompatibilitas dengan chipset MediaTek: SP Flash Tool dirancang khusus untuk bekerja dengan chipset MediaTek. Ini berarti dapat digunakan untuk sebagian besar perangkat yang menggunakan chipset MediaTek, termasuk berbagai merek dan model.
  2. Flashing firmware resmi dan kustom: Dengan SP Flash Tool, kamu dapat menginstal firmware resmi yang dirilis oleh produsen perangkat Anda. Selain itu, juga memungkinkan Anda untuk menginstal pemulihan kustom seperti TWRP, yang membuka pintu untuk memasang ROM kustom, menghapus bloatware, dan melakukan tweak tambahan.
  3. Memperbaiki masalah perangkat: SP Flash Tool dapat digunakan untuk memperbaiki masalah perangkat seperti bootloop, hang, dan masalah sistem lainnya. Dengan mem-flash firmware yang tepat, kamu dapat mengembalikan perangkat ke kondisi kerja yang normal.
  4. Pengaturan yang fleksibel: SP Flash Tool memberikan pengaturan yang cukup fleksibel, seperti memilih partisi mana yang akan di-flash, menghapus atau memformat partisi tertentu, dan memilih jenis pembaruan yang akan dilakukan. Ini memberikan kontrol lebih kepada pengguna dalam proses flashing.

B. Kekurangan menggunakan SP Flash Tool

  1. Kompatibilitas terbatas: SP Flash Tool hanya bekerja dengan perangkat yang menggunakan chipset MediaTek. Jika perangkat kamu menggunakan chipset lain, seperti Qualcomm, tool ini tidak akan berfungsi.
  2. Risiko kerusakan perangkat: Jika tidak digunakan dengan hati-hati, SP Flash Tool dapat menyebabkan kerusakan permanen pada perangkat milikmu. Menginstal firmware yang tidak kompatibel, memilih partisi yang salah, atau kesalahan lainnya dapat menyebabkan bricked device yang sulit atau bahkan tidak mungkin diperbaiki.
  3. Memerlukan pengetahuan dan keterampilan: Menggunakan SP Flash Tool memerlukan pemahaman yang memadai tentang flashing dan risiko yang terkait. Jika Anda tidak memiliki pengetahuan yang cukup, bisa berpotensi membuat kesalahan yang merugikan.
  4. Hilangnya garansi: Flashing firmware atau menginstal pemulihan kustom dengan SP Flash Tool biasanya membatalkan garansi resmi perangkat smartphone milikmu. Jadi, perlu dipertimbangkan dengan baik sebelum menggunakan tool ini.

Kesimpulan

Itulah sekilas informasi mengenai bagaimana cara Flash Xiaomi  Redmi 6a dengan menggunakan SP Flash Tool yang dapat penulis sajikan. Penting untuk selalu berhati-hati dan mengikuti petunjuk yang akurat saat menggunakan SP Flash Tool untuk menghindari risiko dan kerusakan pada perangkat smartphone milikmu. Jika kamu merasa tidak yakin, disarankan untuk meminta bantuan dari ahli atau mengunjungi pusat layanan resmi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar